Fasilitas

Universitas Ahmad Dahlan menyediakan sarana akses Internet melalui jalur LAN (anjungan komputer) dan Hotspot Area di masing-masing unit kampus. Karena memiliki server sendiri, akses internet di UAD sangat memadai. Mahasiswa juga mendapatkan akun email uad.ac.id serta berhak membangun website gratis.

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UAD memiliki Perpustakaan Prodi, Perpustakaan Fakultas, dan Perpustakaan Pusat. Ribuan koleksi buku fisik dan leteratur lainnya dapat diakses oleh mahasiswa secara mudah (http://perpustakaan.uad.ac.id/). Selain itu, mahasiswa juga dapat memanfaatkan koleksi digital melalui laboratorium digital (http://digilib.uad.ac.id/).

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UAD memiliki 2 unit laboratorium bahasa. Laboratorium tersebut dikelola oleh Kantor Lab PBI yang juga menyediakan tes serta pelatihan TOEFL, IELTS, General English, dan sebagainya (http://lab.pbi.uad.ac.id/ ). 

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UAD memiliki 2 laboratorium Micro Teaching sebagai tempat bagi mahasiswa untuk berlatih menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar. Laboratorum tersebut dilengkapi dengan fasilitas multia media dan peralatan penunjang yang mencukupi. Pemanfaatan laboratorium tersebut bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Profesi Kependidikan (P3K UAD) http://p3k.uad.ac.id/.

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UAD menyediakan fasilitas Laboratorium Pemeranan guna memberi ruang bagi mahasiswa untuk belajar Art Performances seperti drama, deklamasi, tari, dan sebagainya.

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UAD dikenal mampu mencetak lulusan yang mumpuni di bidang Teaching English for Young Learner. Ini karena salah satunya PBI UAD memberikan ruang belajar pengajaran bahasa Inggris untuk anak dengan nama Ruang Media TEYL. Ruang ini berisi materi dan media pembelajaran seputar TEYL.

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UAD juga memiliki keunggulan dalam membekali mahasiswanya dengan kemampuan jurnalistik. Salah satu wujudnya adalah dengan memberikan fasilitas Laboratorium Jurnalistik yang memadai. Laboratorium tersebut dilengkapi dengan literatur dan peralatan jurnalistik yang memadai seperti kamera DSLR, Voice Recorder, dan Komputer standar video editing.

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UAD melengkapi dirinya dengan Laboratorium Multimedia untuk bisa mengimbangi tuntutan perkembangan teknologi. Laboratorium tersebut dilengkapi dengan perlengkapan multimedia yang mumpuni agar mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan mengajar melalui berbagai media.

Pembelajaran di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UAD tidak hanya berhenti di ruang kelas. Mahasiswa bisa memanfaatkan  Ruang Self-Access Center (SAC) untuk melakukan pembelajaran mandiri. Di fasilitas ini mahasiswa dapat belajar kemampuan bahasa Inggris dan sebagainya secara mandiri dengan memanfaatkan media yang ada.

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UAD selain menjalani aktivitas akademis juga bisa memperdalam pengetahuan agamanya di Pesantren Mahasiswa Ahmad Dahlan (Persada). Program Persada dapat dibagi menjadi tiga bentuk, yakni Kajian, Pelatihan, dan Pengabdian. Selama satu tahun santri akan mendapatkan hal tersebut. Santri Persada dapat tinggal dan memanfaatkan segala fasilitas yang dimiliki oleh Persada http://persada.uad.ac.id/.