The Third UAD TEFL International Conference

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menyelenggarakan konferensi internasional pengajaran Bahasa Inggris The Third UAD TEFL International Conference (The 3rd UTIC) dengan tema “ELT Materials Development in Asia and beyond: Directions, Issues, and Challenges” pada tanggal 17 – 18 September 2014. Konferensi ini di buka langsung  oleh Wakil Rektor bidang Konsolidasi dan Peningkatan Kualitas Akademik UAD, Dr. Muchlas, M.T di hotel Cavinton Yogyakarta. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini adalah kali ketiga Prodi PBI FKIP UAD menggelar Konferensi serupa.

Tidak kalah menarik dari konferensi sebelumnya, The 3rd UTIC tahun ini menghadirkan para ahli di bidang pengajaran Bahasa Inggris yang sudah sangat terkenal,  Prof. Brian J. Tomlinson (Inggris) sebagai pembicara inti,  ditambah pembicara lain yang berpengalaman; Dr. Hitomi Masuhara (Inggris), Prof  Bustami Subhan (Indonesia), Dr. Tan Bee Tin (New Zeland), Dr. Dat Bao (Australia), Dr. Paul Hullah (Japan), dan Flora Debora Floris (Indonesia).

“Peserta konferensi tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, bahkan semakin mengglobal. Sejumlah pemakalah dan peserta berasal dari berbagai negara,” ungkap Ani Susanti selaku ketua panitia The 3rd UTIC 2014. Lebih lanjut Ani mengungkapkan bahwa ”forum ini akan membawa pengaruh besar bagi proses pembelajaran Bahasa Inggris. Mengingat masih banyak kendala. Kita tahu bahasa Inggris sudah diwajibkan di sekolah. Rata-rata dipelajari enam tahun paling tidak. Di kelas-kelas bahasa Inggris murid banyak diajari dengan berbagai macam latihan. Tapi jika diajak berkomunikasi dengan bahasa Inggris banyak yang tidak siap. Saya berharap ada wacana baru yang lebih efektif untuk mengajarkan Bahasa Inggris dan itu akan menjadi masukan yang berharga bagi pemerintah terkait.”

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply