Yogyakarta – Tim Kolaborasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil meraih Silver Award dalam ajang The International Innovation Competition on Future Education (IICFE) 2025. Tim ini terdiri atas:
- Indah Fajar Wahyuni, S.Pd., M.Hum., Ph.D. (Dosen PBI UAD – Ketua Tim),
- Patria Handung Jaya, S.Pd., M.A. (Dosen PGSD UAD/Alumni PBI),
- Ninda Aulia Ramadhini (Mahasiswa PBI UAD),
- Azzam Firdausi Irawan, S.Pd. (Mahasiswa MPBI UAD/Alumni PBI).
Pada kompetisi tersebut, tim mengirimkan video presentasi inovasi pembelajaran berjudul “Enhancing Critical Reading Skills Through Project-Based Learning: A Study of Student-Led Group Discussions.” Kegiatan IICFE 2025 berlangsung pada 30 Agustus–15 Oktober 2025. Inovasi ini menyoroti pemanfaatan Project-Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan kemampuan critical reading melalui diskusi kelompok yang dipimpin mahasiswa.
Saat diwawancarai, Indah mengungkapkan bahwa tantangan terbesar dalam proses pengembangan inovasi ini adalah respon mahasiswa yang cenderung lambat ketika topik berkaitan dengan dunia pendidikan.
“Mereka lebih cepat merespons jika topiknya dekat dengan keseharian mereka, seperti shopping online, game, dan media sosial,” jelas Indah.
Ia menambahkan bahwa penggunaan artikel online sangat membantu mahasiswa dalam menemukan ide sebelum melakukan diskusi. Terkait tindak lanjut, Indah menyampaikan bahwa ia berencana melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang berfokus pada pengembangan berbagai jenis PJBL yang dapat diterapkan guru sesuai kebutuhan siswa di kelas.
Menurut Indah, peningkatan kemampuan membaca kritis perlu dilakukan secara berkelanjutan.
Ketua Tim – Indah Fajar Wahyuni, S.Pd., M.Hum., Ph.D.
“Ke depan, saya berharap mahasiswa semakin berani menyampaikan opini kritis terhadap teks yang mereka baca. Saya juga berencana membentuk kelompok-kelompok kecil untuk bedah buku agar keterampilan critical reading mereka terus berkembang,” ungkapnya.
Capaian ini diharapkan memperkuat kontribusi PBI UAD dalam pengembangan inovasi pembelajaran bahasa Inggris yang adaptif terhadap kebutuhan pendidikan masa kini.





